[rev_slider ]
In: Post0
Jenis mesin cetak kode produksi
Memilih Jenis mesin produksi yang benar sangat penting untuk memastikan bahwa produk anda terjamin keamanannya dan terhindar dari pemalsuan produk.
Tetapi dengan begitu banyak pilihan jenis mesin produksi yang tersedia, mungkin sulit untuk mengetahui mesin mana yang terbaik.
Maka dari itu kami akan membahas mengenai macam-macam jenis mesin cetak produksi yang sesuai dengan produk anda, Yuk simak penjelasannya.

Apa sih Mesin Cetak Produksi itu?

Sebelum membahas Jenis mesin cetak produksi, apa sih mesin cetak produksi itu ?
Mesin cetak produksi adalah mesin yang berfungsi untuk menandai sebuah produk dengan menampilkan informasi penting bagi konsumen dan produsen, serta memenuhi persyaratan undang-undang.
Pengkodean dan pengemasan adalah hal bagian penting dari berbagai sektor industri, Seiring berjalannya waktu, kode produksi terus berubah untuk memenuhi tuntutan penjual, konsumen, dan bahkan hukum yang ada. Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, persyaratan pengkodean dan penandaan juga terus berubah.
Akibatnya, anda harus tepat memilih mesin cetak kode produksi yang akan anda gunakan untuk saat ini dan kedepannya.

Baca Selengkapnya : Mesin Kode Produksi | Cetak Kode Produk

Bagaimana cara memilih jenis mesin cetak kode produksi?

Kemudian, bagaimana caranya kita memilih mesin cetak kode produksi untuk produk?
Beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih mesin cetak kode produksi antara lain:

1. Bahan

Perhatikan bahan apa yang anda gunakan pada produk anda? Produsen menggunakan banyak bahan yang berbeda dalam kemasan, seperti kertas, kartu, plastik, tas, tabung, kantong, obat-obatan, kaca, selotip, timah, foil, film, dan banyak lagi.
Sangat penting untuk memperhatikan bahan yang anda gunakan karena nantinya akan sangat berguna untuk memilih mesin mana yang cocok untuk produk anda.

2. Kecepatan

Kecepatan merupakan hal yang harus anda perhatikan juga dalam juga proses produksi, karena seperti dalam semua proses manufaktur, menyeimbangkan kecepatan, efisiensi, dan akurasi sangatlah penting untuk hasil produk kita.

3. Keterbacaan

Kualitas keterbacaan kode produksi juga penting, karena pada beberapa kasus banyak terjadi kesalahan kode produksi dapat mengganggu jalannya produksi untuk sampai pada konsumen anda.

4. Fitur

Semakin berkembangnya jaman, maka semakin banyak jenis kode produksi seperti data variabel, data tersemat, kode QR, dan grafik, tentunya untuk hal ini anda perlu memilih mesin cetak kode produksi yang bisa mencetak data tersebut.

Jenis Mesin Cetak Produksi

Jenis mesin kode produksi
Industri yang berbeda membutuhkan mesin pengkodean batch yang mampu menerapkan kode dan data ke berbagai macam produk dan kemasan. Termasuk kecepatan line  produksi dan lingkungan pabrik, juga akan menentukan mesin mana yang terbaik untuk aplikasi tertentu.
Ada dua metode dasar untuk menambahkan kode ke produk kita,  baik dengan menerapkan label, atau dengan menggunakan inkjet atau laser untuk mencetak kode tanpa bersentuhan dengan produk (non-kontak).
Nah apa sih Mesin inkjet atau laser itu?
Mesin cetak produksi jenis inkjet atau laser menggunakan data yang berasal dari komputer. Mesin ini biasanya ada pada mesin pengemas yang lebih besar seperti cartoner, filler atau wrapper.

1. Continuous Inkjet Printer (CIJ)

Banyak sekali penggiat industri menggunakan Printer Continuous Inkjet (CIJ)  untuk memberikan penandaan dan pengkodean produk yang akurat dan konsisten. Mesin cetak ini menyediakan cara yang efektif biaya untuk mencetak data variabel yang akurat dan konsisten. Termasuk kode produksi, tanggal kedaluwarsa, barcode dan kode batch pada lini produksi dan untuk mematuhi undang-undang industri yang semakin ketat atau memberikan keterlacakan.
Cara kerja jenis mesin cetak inkjet kode produksi sendiri adalah Mengatur semburan tinta pada produk saat melewati jalur produksi. Penggunaan  pada produk bahan berpori, permukaan basah atau tidak rata seperti keju atau buah.

Baca Selengkapnya : Cara Kerja Mesin Continuous Inkjet Printer Hitachi 

2. Laser Marking Coding Printing

Produsen manufacture dunia menggunakan laser industri untuk menandai nomor seri, kode matriks data, kode QR, dan logo pada suku cadang dan produk mereka. Cara kerja laser ini sendiri adalah sinar terprogram membakar kode produk. Dapat gunakan untuk plastik, kaca, kertas, karton dan lainnya.
Macam jenis printer laser terdapat beberapa jenis , menggunakan teknologi CO2 , fiber dan UV , 

3. Thermal Inkjet Printer

Mesin cetak kode produksi yang berkecepatan tinggi, biasa digunakan pada kertas dan bahan lainnya menggunakan pita transfer atau kertas timah. Termasuk label barcode, plastik dan pakaian.
Mesin TIJ saat ini mampu mencetak dengan karakter lebih besar bisa mencapai 5 cm , dan hasil print yang dicetak beresolusi tinggi , mampu mencetak hingga 600 dpi , varian warna tinta beragam tidak hanya warna hitam saja, apabila anda memerlukan hasil cetakan yang jelas , pilihan mesin ini bisa menjadi opsi bagi produk anda.

4. Handheld Inkjet Printer

Printer inkjet genggam adalah alat penandaan yang inovatif, ideal untuk mencapai penandaan permanen pada berbagai aplikasi. Perangkat genggam yang ringan ini benar-benar nirkabel sehingga dapat digunakan di lokasi terpencil untuk menandai berbagai macam permukaan termasuk produk beton, pipa, palet dan peti pengiriman, botol kaca dan plastik, serta drum logam.
Tentunya mesin cetak produksi tipe Inkjet atau thermal sangatlah banyak peminatnya minati oleh para pelaku usaha manufaktur karena selain bisa mempercepat waktu produksi, Mesin inkjet sendiri lebih hemat biaya jika kita bandingkan dengan mesin coding tipe laser.
Selain itu, kita juga harus memilih printer yang tepat agar kita tidak perlu menambah biaya untuk kekurangan sebuah mesin,
PT Megasatria Hiciter menawarkan beberapa mesin cetak kode produksi yang cocok untuk produk anda,
Salah satunya adalah Continuous Hitachi Inkjet Printer mesin cetak expired date terbaik untuk menandai coding marking pada berbagai produk industri yang bisa Anda pilih. Terdapat berbagai fitur seperti pencetakan kecepatan tinggi, pencetakan non-kontak, pencetakan yang jelas dan pencetakan yang fleksibel.
Kami sudah mempunyai pengalaman selama lebih dari 22 tahun dan sudah mempunyai lebih dari 200 customer kami yang sudah tersebar seluruh Indonesia, dan kami juga menyediakan layanan Free after sale service yang sangat berguna untuk kedepannya